Senin, 05 Desember 2016

Menikmati Makanan Bebas Gluten

Penderita penyakit celiac (celiac disease) sering mengalami kesulitan saat mencari makanan. Penyakit ini terjadi karena gangguan pada sistem pencernaan, yaitu usus kecil rusak sebab tidak dapat mencerna gluten (protein yang terdapat di dalam gandum). Berikut ini makanan yang ringan bebas gluten tetapi bersifat mencerahkan, yaitu:

1. Popcorn. 
Coba tambahkan buah kering atau perasa pada popcorn kesukaan anda. Ada baiknya popcorn ini dibuat sendiri sehingga mudah diatur dan bebas lemak serta gluten.



2. Sayuran segar
Sayuran yang dimaksud seperti seledri besar, selai kacang alami, dan kismis merupakan makanan lezat yang bisa dipilih sebagai makanan ringan. Semua bahan itu kaya akan protein.

3. Snack campur bebas gluten
Makanan ini bisa dibuat dengan mencampurkan kacang-kacangan atau buah kering yang kaya akan protein dan mengandung lemak baik. Hindari memasukkan sereal atau permen cokelat karena dua bahan itu mengandung gluten.

4. Kue bebas gluten
Sulit mencari kue bebas gluten karena sebagian besar berbahan baku terigu. Coba cek label pada kemasan, apakah bebas gluten atau tidak. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, seperti kue berbahan utama yaitu selai kacang.

5. Kue beras
Camilan jenis ini perlahan-lahan mulai mengisi rak-rak supermarket. Nikmati dengan menambahkan keju atau krim serta buah atau sauran segar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar